Kamis, 24 Januari 2013

BARU: DNA dengan 4 untai (G-quadruplex)

DNA (Deoxyribonucleic Acid) merupakan suatu struktur penyusun pewarisan genetik pada mahkluk hidup. Pada umumnya DNA terdiri dari 2 untai yang berpilin membentuk struktur helix ganda (double helix). Kedua untai ganda tersebut disatukan dengan ikatan hidrogen antara basa-basa yang terdapat pada kedua untai tersebut.



Namun baru-baru ini terdapat penemuan baru yang menyatakan bahwa DNA yang ditemukan memiliki 4 untai. Ilmuwan Universitas Cambridge telah melihat adanya DNA dengan 4 untai ini pada manusia untuk pertama kalinya. Struktur baru ini diharapkan dapat berfungsi sebagai pengobatan dalam melawan penyakit seperti kanker. "Keberadaan struktur seperti ini dapat muncul ketika sel memiliki genotip tertentu atau kondisi disfungsional," kata Prof Shankar Balasubramanian dari departemen kimia, Universitas Cambridge.



                                          sumber: nature.com


Prof. Balasubramanian dan timnya mengamati molekul ini selama beberapa tahun. Mereka menyebutnya dengan sebutan G-quadruplex. "G" mengacu pada basa guanin, salah satu dari empat basa yang mengkode informasi genetik (Adenine, Guanine, Cytosin, Tymin). G-quadruplex terbentuk dalam DNA ketika guanin berada dalam jumlah  yang cukup besar. Struktur ini menghasilkan protein antibodi yang dirancang khusus untuk melacak dan mengikat daerah DNA manusia yang kaya akan struktur quadruplex. Munculnya antibodi ditandai dengan penanda fluoresens sehingga waktu dan tempat terbentuknya struktur dalam siklus sel dapat dicatat dan digambarkan.

DNA beruntai empat paling sering muncul pada saat fase-s ketika sel salinan DNA belum terbagi. Prof Balasubramaninan mengatakan bahwa studi ini sangat penting untuk mengatasi kanker yang biasanya didorong oleh gen atau onkogen yang mengalami mutasi untuk meningkatkan replikasi DNA. Pemahaman tentang G-quadruplex berfungsi dalam menangani atau mengobat kanker. Ke depannya, diharapkan bisa dikembangkan molekul sintetik yang bisa menghambat perkembangan sel tumor, yang merupakan awal pertumbuhan kanker.

sumber: BBC

Sebagai sarjana biologi yang haus ilmu pengetahuan alam dan sesuatu tentang genetika informasi ini sangat berguna bangettttt. Namun penelitian tersebut diatas sepertinya belum ada mekanismenya bagaimana bisa terjadi disfungsional DNA, dan hal apa yang membuat DNA tersebut bisa terdiri dari 4 untai. Perlu informasi lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar