Kamis, 14 Maret 2013

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Mencari Pekerjaan

Dari sekian banyak perusahaan yang bonafid dan profesional, 2013 gini masih ada juga perusahaan yang kerjanya hanya iseng mencari 'mangsa' berkedok memberikan lowongan pekerjaan. Awalnya disuruh mengirimi CV dan Surat Lamaran, kemudian mereka masih bersikap sewajarnya dengan seolah-olah memanggil si pencari kerja dengan melalui tahap interview dan akan diseleksi, biasanya melalui email balasan ataupun sms, kira-kira isinya seperti ini:

Panggilan Interview Kerja:
PT. Global ******* Tech (contoh)

Email lamaran anda sudah kami proses. konfirmasi untuk anda datang langsung interview kerja. bertemu dengan bapak ***** besok hari **** tanggal sekian bulan sekian jam sekian.
Di kantor pusat:
jalan bla bla bla 

Remunerasi:
basic salary 2,5jt-6jt 
uang makan+transport 30rb-60rb
insentif+tunjangan

Bawa CV lamaran, berpakaian rapi, sopan dan bersepatu.
Harap kesiapannya.
Trims 
_________________________________________________________________________________

Sekilas tidak ada yang berbeda dengan panggilan-panggilan kerja lainnya. namun jika diteliti lebih lanjut terdapat hal-hal ganjil.

contohnya gaji dicantumkan 2,5-6jt. mungkin gag sih seorang admin digaji sampai segitu tingginya?gag wajar.
Tapi berhubung kita gelap mata karena tergiur gajinya yang tinggi akhirnya kita datang. Apa yang terjadi setelah datang? keadaan bisa terbalik, bukannya kita yang kerja dan dapat uang, malah pihak mereka yang meminta uang. Itu masih dalam batas normal, bagaimana jika sudah menggunakan ilmu hitam dan sebagainya? serem juga. 
Untuk menghindari hal tersebut kita bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:

1. Lihat domain email
misalnya saja shinta71@bankshinta.com itu jelas domainnya @bankshinta.com karena itu milik perusahaan asli. beda dengan shinta71@shintamail.com atau email umum yang gratis. mending jangan langsung percaya.

2. Memberi Keterangan Gaji
kaya contoh sms tadi diatas, mereka mencantumkan gaji yang membuat orang bisa tergiur untuk mendatanginya. jangan tergiur dengan nominal, bukannya untung malah buntung.

3. Buka Situs Internet
ini nih yang paling aman. sebelum mendatangi perusahaan/ alamat yang tercantum dan sebelum percaya dengan isi sms/email/telpon pemanggilan kerja, ada baiknya kita searching dulu di internet. kata kuncinya bisa langsung nama perusahaan, jika tak ditemukan cari alamatnya. nanti akan keluar dengan sendirinya kasus-kasus penipuan yang dilakukan perusahaan tersebut. 

Selamat mencari pekerjaan, harus tetap hati-hati dan waspada, percaya lah bahwa rezeki masing-masing orang sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah, tetap berusaha dan berdoa. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar